pelatnas sea-games basket !!

Fictor Gideon Roring membutuhkan tambahan big man untuk pasukan pelatnas SEA Games Thailand. “Evaluasi kami menunjukkan kebutuhan akan big man,” kata Ito, sapaan Roring, pelatih tim nasional Indonesia. Tiga nama muncul sebagai kandidat: M. Isman Thoyib (Putra Riau), Frida Aris Susanto (Bhinneka), dan Christian Ronaldo (Satria Muda). “Saya menyerahkan soal pemanggilan mereka kepada manajemen,” kata Ito.

Dari tiga nama tersebut, hampir pasti Thoyib bakal bergabung dalam pelatnas pekan ini. “Thoyib tinggal melihat jadwal dan kegiatan kuliahnya di Filipina. Jika tak ada masalah, dia bisa bergabung pada Senin,” kata wakil manajer tim, Tovino Afiar.

Maksimal dua nama baru akan masuk dalam pelatnas. Satu nama lagi akan dipilih antara Frida dan Dodo, sapaan Ronaldo.

Dua nama baru masuk, dua nama lama bakal keluar. Namun, Tovino belum bisa memberikan dua nama yang bakal dicoret tersebut. Pekan depan, latihan tim pelatnas akan kembali dimulai. Ito sudah mengantisipasi kondisi puasa pemainnya dengan hanya mengadakan latihan pada sore hari.

“Latihan hanya sore, namun durasinya panjang. Sesi latihan sebelum dan sesudah berbuka puasa,” katanya. Menjelang Lebaran, pemain akan diliburkan tiga atau empat hari untuk memberi kesempatan mereka pulang ke kampung halaman.

Uji Coba

Seusai Lebaran, Ito berencana menggelar uji coba ke luar negeri. “Pilihannya adalah Filipina, Taiwan, atau Hong Kong. Saya serahkan sepenuhnya kepada manajer,” tuturnya.

“Pasti ada uji coba ke luar negeri. Hanya tempatnya belum dipastikan,” papar Tovino. Lebih bagus lagi jika memiliki kesempatan beruji coba pada sebuah turnamen.

Uji coba ke luar negeri tersebut akan menjadi acuan evaluasi peningkatan kinerja tim nasional. “Anak-anak sudah menunjukkan performa bagus saat kejuaraan SEABA di Thailand dan Kejuaraan Asia di Jepang. Kami perlu ujian lagi sebelum ke SEA Games,” tegasnya.

Ito terkenang saat masih bermain dan merebut medali perak SEA Games Malaysia 2001. “Saat itu sebelum SEA Games kami juga beruji coba ke Filipina dan Hong Kong,” kenangnya.

Selasa (18/9), tim pelatnas basket menjalani tes kesehatan validasi kedua dari satgas pelatnas. “Waktunya memang kurang tepat. Anak-anak baru menyelesaikan championship games IBL dan sebagian berpuasa,” kata Ito.

Sadar kondisi mental dan fisik pasukannya belum prima, Ito sengaja memberi libur latihan dan baru memulai program latihan pada Senin (24/9).

Namun, ia yakin pasukannya bisa melewati tes tersebut. Empat pemain tak hadir dalam tes tersebut dengan alasan berbeda. Denny Sumargo ujian, Wellyanson Situmorang dan Mario Wuysang sakit, serta Faisal J. Ahmad sedang menunggu kelahiran anak pertamanya.

Mario mungkin belum bergabung di hari pertama latihan. “Ia ke Amerika Serikat, memperpanjang green card,” papar Tovino.

Ito menyerahkan sepenuhnya hasil tes kepada satgas pelatnas. “Tentu hasilnya tak maksimal karena tes dilakukan saat berpuasa,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: