Pelatnas Putra SEA Games

Tim basket putra SEA Games berhasil melewati tes validasi kedua setelah hasil tes fisik di Universitas Negeri Jakarta, Selasa, dinilai cukup bagus. “Kami lolos tes fisik, tapi enam minggu nanti akan dilakukan tes lagi,” kata Tovino Afiar, asisten manajer tim SEA Games.

Satu pemain menunjukkan hasil “bagus sekali”, yakni M. Isman Thoyib, tiga pemain memperoleh kategori “cukup”, yaitu Wahyu Widayat Jati, Andi “Batam” Poejakesuma, dan Wendha Wijaya, selebihnya masuk kategori “bagus”.

“Sudah tua mungkin, apalagi peak-nya waktu final IBL kemarin,” kata Batam di sela latihan, Rabu sore di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pelatih Fictor Gideon Roring sejak awal sudah yakin pasukannya akan melewati seleksi fisik tersebut. “Anak-anak pasti bisa. Tes fisik pertama pekan lalu hanya kurang tepat timing-nya,” kata Ito.

Ia pun tak risau dengan tes ulangan enam minggu ke depan. “Tes itu hanya akan melihat perkembangan fisik atlet. Mudah-mudahan yang kategori cukup bisa meningkat jadi bagus, begitu seterusnya,” katanya.

Ito merencanakan akan melakukan uji coba ke mancanegara. “Tak ada persoalan antara tes fisik ketiga dengan uji coba kami,” ujarnya.

Indrajaya Mundur

Dua pemain baru sudah bergabung dalam pelatnas. Mereka adalah M. Isman Thoyib dan Christian “Dodo” Ronaldo. Konsekuensinya dua pemain, Denny Sumargo dan Kelly Purwanto, harus dicoret. “Kami membutuhkan big man, jadi dua small man harus kami lepas,” kata Ito.

Sayangnya, satu big man menyatakan mengundurkan diri. Dia adalah Agustinus Indrajaya, center milik CLS Good Day. “Indrajaya berencana sekolah agama. Dia sebenarnya minta izin dua bulan, tentu tak bisa kami beri. Dia memutuskan mengundurkan diri,” sebut Tovino.

“Saya sebenarnya membutuhkan satu big man lagi sebagai pengganti, tetapi saya serahkan sepenuhnya kepada manajemen,” tutur Ito. Frida Aris Susanto asal Bhinneka pernah disebut sebagai kandidat.

Dua pemain lain juga belum hadir dalam latihan kemarin. Mario Wuysang masih mengurus green card di Amerika Serikat, sementara Wellyanson Situmorang ada keperluan keluarga. “Keduanya sudah mengajukan izin jauh-jauh hari sebelumnya. Yang penting mereka tetap menjaga kondisi,” tutur Ito.

Tes validasi hanyalah satu tahap dalam persiapan. Keseriusan dan fokus harus terus dipertahankan demi sukses di Thailand, Desember nanti.

——————————————————————————————————-

Denny Sumargo sejak awal sudah merasa bakal tersingkir dari tim nasional SEA Games. Perseteruannya dengan pelatih Fictor Roring ia yakini jadi pemicu.

“Setelah konflik seusai seri IBL di Bandung, saya sudah merasa bakal dicoret dari tim nasional,” katanya. Perseteruan Ito dan Denny sudah menjadi rahasia umum bagi insan basket nasional. Walau merasa berhak mendapat tempat di tim nasional, Denny menerima keputusan ini. “Dia pelatih, dia berhak menentukan pemain. Dari awal saya sebenarnya hanya meminta transparansi,” kata Denny.

Ito sendiri mengelak jika pencoretan Denny semata karena masalah pribadi. “Saya membutuhkan pemain, tapi kalau pemainnya tak membutuhkan tim, buat apa dipertahankan?” ujarnya.

Dari sisi teknis, ia menyebut pasukannya membutuhkan big man. Masuknya dua big man, Isman Thoyib dan Christian Ronaldo, membuat dua small man harus dibuang. Pilihan jatuh pada Denny dan Kelly Purwanto.

Kelly sendiri mengaku dari awal sudah merasa tak akan masuk dalam tim nasional. “Sejak Kejuaraan SEABA di Thailand, saya memang jarang diberi kesempatan,” kata Kelly, guard Garuda Bandung. Di Thailand, Kelly dan Wendha Wijaya memang tak masuk dalam 12 pemain inti.

Ia pasrah dengan pencoretannya. “Kini saya menikmati liburan. Saya akan buktikan kemampuan nanti jika liga bergulir lagi,” katanya.

Menunjukkan kemampuan juga akan dilakukan Denny. “Saya masih ingin masuk tim nasional tahun depan. IBL musim berikutnya akan jadi ajang pembuktian kemampuan,” tegas Denny. Ia hanya memastikan tak akan lagi bergabung dengan Satria Muda.

”Saya ingin cari suasana baru dan kebetulan kontrak dengan SM juga sudah berakhir,” katanya. Dua klub, Garuda dan Kalila, disebutnya menjadi kandidat kuat pelabuhan Denny berikutnya.

Pencoretan memang bukan akhir segalanya. Masih banyak kesempatan menunjukkan kemampuan. Tetap semangat, Denny dan Kelly!

sebagi junior aku akan selalu mendukung mu ! GBU for deny sumargo ,n kelly purwanto !

18 Responses to “Pelatnas Putra SEA Games”

  1. dicoretnya kelly dari TIMNAS menurut gw suatu kebodohan yang “BLUNDER” artinya ito pasti tau kemampuan dan atraksi yang bisa disuguhkan Kelly yang pastinya bikin nama basket Indonesia lebih harum di mata dunia khususnya tingkat ASIA coba siapa yang ga setuju kalau gw bilang kelly mirip iverson cara mainnya?
    unik khan?
    memang di tim manapun pasti kan ada pemain yg lebih dominan dan itu ga ada salahnya. seperti maskot lah penyemangat!
    sorak-sorai penonton yang berteriak kelly tak urung juga pasti mendukung indonesia. gw siyh kebayang sampai sana.
    mungkin Ito salah satu pelatih yang kurang berani dalam mengambil suatu keputusan. dia cocoknya jadi pembina bukan pelatih!!!

    seorang pelatih yang baik ga akan menyingkirkan pemain yang POTENSIAL kaya Denny dan KELLY.

    gw kecewa ITO akan keputusan lo yang mencoret Kelly!!
    satu kesempatan emas buat perjuangan keras seorang atlit basket udah musnah.

    Kelly, my friend keep calm and show it later if you are the best!!!
    buat yang kepilih SELAMAT BERJUANG Bro!!!
    harumkan nama bangsa kita…

  2. KELLY PURWANTO GOD BLESS YOU ALWAYS.

  3. saya berharap kelly dan denny sumargo masuk klub angsapura sania nantinya<maju terus pantang mundur

  4. saya berharap kelly dan denny sumargo masuk klub angsapura sania nantinyafrom medan

  5. kelly mah akan nge lanjutin kARIER BASKETNYA DI AUSIEE !!

  6. kelly purwanto is my hot sauce… he plays basket like hot sauce on AND1 or Iverson n Bryant in NBA…

  7. saya rasa ito salah berat,kelly punya potensi n denny juga.apalagi kita lihat dari passing-passing akurat kelly n dribble cantik nya.saya harap kelly masuk lagi ke TIMNAS.

  8. Saya rasa coach Ito salah besar klo harus nge coret denny . . . klo pun ada masalah ! tolong jgn di bawa2 ke lapangan …klo dagh di lpangan siapa yg berskill itu yg di pilih !
    jadi tolong masalah pribadi jgn di bawa2 ke lapangan !
    sayang lo harus kehilangan salah satu pemain terbaik INdonesia di masa ini !!

  9. saya dukung aja TIMNAS INDONESIA !!!!!!!!!!!!!!

  10. Saya rasa Coach ito salah kalo mencoret KELLY ma DENNY karena menurut saya mereka pemain yang bagus.
    Saya harap mereka bisa balik lagi ke tim nas sea games

  11. kalo’ kelly ga’ diikutin ya ga’ enak aja,biar ga’ setinggi pemain-pemain yang harusnya ikut, aku rasa dia mampu kok!jd sayang aja kalo’ ada pemain yang punya potensi ga’ dipake’…..

  12. WOY, WILLYSEBASTIAN KENALIN ZXV_GENK…….

  13. Hai!!!!
    Q mau salam ke okto n cayooooo aja buat garuda bandung.

  14. KENALIN JAGOAN BLOG INI ZXV_GENK…………..

  15. aku mau nyalamin kelly..
    dan juga jangan lupa buat kelly,,tetap rendah hati dan jangan pindah ke SM!!!!
    ada berjuta2 fansmu di bandung sini..bandung mencintaimu kelly..
    we love u..

  16. jangan” kelly yang slh kali…
    lagian ktna u ngambil bola ndiri…

  17. weks…. jelas jelas pelatih mencampur adukkan masalah pribadi…. takut ya kalo tar denny sumargo permofancenya baik, ito tar merasa ga enak….. kekanak kanakan….. buat ito : belajar profesional dan kepemimpinan gaya barat, introspeksi diri…

Tinggalkan Balasan

