abdul , sura nya asiyk n ajibbb

 

Musik adalah ekspresi jiwa.
Hal ini amat diyakini oleh Abdul, penyanyi kelahiran Medan, yang mencoba peruntungan lewat album perdananya, Bersandinglah. Hal ini pula yang membuat dirinya nekat melenggang dengan konsep musik yang oleh kebanyakan orang dinilai kurang menjual : pop jazzy.
“Saya tidak ingin melepaskan karya yang tidak jujur. Yang terlalu mengacu pada selera pasar. Yang saya inginkan adalah berkarya sesuai kata hati. Karena saya yakin, mengeluarkan karya dari dalam hati, akan lebih mudah menyentuh hati orang yang mendengarkan musik saya,” ungkap pemilik nama lengkap Tengku Muhammad Abdullah Amin Anshari ini, serius.
Ini bukan sekadar basa-basi. Meski baru sekali ini melepas album solo, alumni Fakultas Hukum Trisakti ini sudah cukup lama malang melintang di jalur musik. Tepatnya, sejak masih duduk di bangku SMP di Kota Kembang.
Saat itu, Abdul memang belum serius bermusik. Masih jadi bagian dari sebuah band sekolah yang memainkan lagu-lagu The Beatles.
“Meski belum serius, saya merasa lebih nikmat saat memainkan lagu yang memang saya sukai. Hasilnya, orang yang mendengarpun jadi lebih enjoy. Karena, musik yang mereka dengar, benar-benar datang dari hati,” tambahnya, lagi.
Selanjutnya, Abdul terus berusaha memainkan musik dari hati. Di bangku SMA, Abdul yang sudah berdomisili di Jakarta, tertarik memainkan lagu-lagu britpop macam Oasis dan Blur. Sedangkan, saat kuliah, lagu-lagu band alternatif macam Third Eye Blind yang dikulik bareng bandnya.
“Pokoknya, semua musik yang disuka, pernah dimainkan. Namun, saya masih belum menemukan warna musik yang pas dengan karakter dan jiwa saya,” aku Abdul, tulus.
Pencarian terus dilakukan. Hingga akhirnya, ada seorang teman yang memberi masukan agar dia bersolo karir. Maksudnya, agar dia bisa lebih bebas mengeksplor warna musik yang benar-benar pas dengan warna vokalnya.
Masukan ini diterima. Saat coba bersolo karir, Abdul menemukan warna musik yang lama diidamkannya. Apalagi kalo bukan pop jazz.
“Saya ini amat menikmati musik jazz. Sejak kecil, musik ini sudah menarik minat saya. Ternyata, keputusan untuk jadi solis membuat saya lebih bisa mengeksplor diri untuk memainkan jenis musik ini,” bilang pengagum Jamiroquai dan Maroon 5 ini, sambil tersenyum.
Dibantu oleh Ciling, drummer Bunglon yang juga eks drummer Flower, mantan additional keyboardis Bunglon, Ono, dan Riza, seorang teman kuliahnya yang menciptakan sebagian besar dari lagu-lagu dalam album perdana ini, Abdul mulai mengumpulkan materi yang menurutnya sesuai dengan selera dan karakter vokalnya.
Hasilnya bisa didengar dalam 11 lagu di album yang dirilis di bawah label Trinity Optima Production ini. Meski benang merahnya pop, musik Abdul amat dikotori nuansa jazz.
“Selain itu, ada keunikan lain dalam album ini. Saya coba menawarkan nuansa jazz yang minimalis. Yang mengedepankan gitar sebagai instrumen utama. Ide ini saya dapat dari musisi idola saya: Sting, Kings of Convenience dan John Mayer. Meski bermain minimalis, mereka bisa menghasilkan karya yang maksimal,” ungkap penyanyi berdarah Melayu ini, santai. Lantas, seperti apa lagu-lagu di album perdananya?
Persis yang dikatakan Abdul, lagu-lagu yang ditawarkannya cukup menarik disimak. Di singel Joss misalnya. Mengambil tema kekecewaan hati yang tersembuhkan oleh seorang wanita, Abdul coba menampilkan nuansa akustik kental dari permainan gitar yang maksimal di album ini. Sepintas, memang mengingatkan kita pada nama-nama yang sudah disebutnya tadi.
Pun terjadi di lagu Agar Kau Mengerti yang ada di track perdana. Lagu yang mengajak kita merenungi pentingnya sebuah pengertian dalam hubungan cinta ini juga mengedepankan permainan gitar akustik yang clean dan easy listening.
Lantas, ada juga Melayang yang sempat masuk babak 30 besar Lomba Cipta Lagu Nasional 2006 dan All You Gotta Do, sebuah lagu yang sering dibawakan bersama Band-nya sejak di bangku kuliah.
“Awalnya, lagu ini adalah lagu rock. Namun, sudah diaransemen lagi sehingga cocok dengan album ini. Lagu ini dimasukkan sebagai bagian dari refleksi perjalanan musik saya selama ini,” bilang penyanyi yang bercita-cita jadi produser ini.
Satu nomor lain yang menarik berjudul Bahagia. Dalam lagu berdurasi nyaris 5 menit ini, Abdul coba bereksperimen. Hasilnya, lagu ini jadi terdengar seperti dua lagu terpisah yang dimedley. Yang mungkin bisa mengecoh pendengar yang kurang aware.
Overall, lewat barisan lagunya Abdul berharap bisa memberi alternatif pilihan dalam musik Indonesia. Yang memperkaya industri musik dan membuatnya terus dinamis dan makin dicintai oleh telinga kita, pendengar musik di Indonesia.

BIODATA ABDUL

Nama : Tengku Muhammad Abdullah Amin Anshari
Nama Panggilan : Abdul
Tempat/Tanggal Lahir: Medan, 18 April 1982
Agama : Islam
Hobi : Menyanyi, nonton film dan berenang
Tinggi/berat : 162 cm/64 kg
Pendidikan : S1 Fakultas Hukum Trisakti
Prestasi : Juara II, kompetisi band “Yamaha Selalu Terdepan 2006”
30 besar Indonesian Song Festival 2006
Tokoh Idola : Sting, John Mayer

13 Responses to “abdul , sura nya asiyk n ajibbb”

  1. salah atu penyaniy jazz !!!

  2. Abdul??? br denger gw. loe dpt brita si Abdul tu drmn jhos? video klipnya blm prnh lht tuh

  3. adikhs ah msk ga th abdul dia tuh slh satu yg jadi andalan indonesia di IKON ASIA cmn waktu itu klh ama JUDIKA SIHOTANG , gw dpt brt ini krn gw musisi lah jd hampir musisi knl smw !
    broo ntar aku sampein kilp nya dech lagu nya full akustik abes !!

  4. ga’ knal gw

  5. dasar loe trlalu n’deso makanya pake a_di_ _s yo ! yo !!!!

  6. emang dianya aja yg g terkenal

  7. (ini utk org yang kasih comment yang nyolot dan sotoy,umur masih jagung muda udah ngak sopan bicaranya) kalian semua dasar ngan bisa ngehargain orang..emang kalian bisa nyanyi…

    Abdul saya suka dgn warna suara kamu, dan vidio klipnya bagus..
    Temen saya bawa album kamu ke singapore waktu saya tugas disana..saya seneng bgt dengernya..
    Skrng saya sedang tugas di Halmahera bisa denegr lagu kamu tadi malam lewat MTV..
    Can we keep intouch each other..
    Apa kabar Medan??dah lama juga saya ngak pernh balik ke kota kelahiran…
    Sukses buat album2 kamu yang lain..
    Bisa tau email kamu??reply saja di email saya kalau kamu tidak keberatan

  8. trims mike , mebela gw , hahahah !!!

  9. abdul???
    pendatang baru kah?
    lagu’a keren,,suaranya jg khas..

  10. Abdul gue suka lagu lo yang “agar kau mengerti” n “Joss”. Tapi gue rada susah nyari chord gitarnya.padahal kan gue suka nyanyi2 gitu..tolong banget dong kasih chord gitarnya..2 lagu itu aja juga gapapa.ke email gue juga ga papa.pokoknya gue harus dapetin.thax banget ya

  11. Abdul kapan Eksis di layar kaca teros??
    kok gak sering muncul sie di TV skarang??

  12. Abdul, kayaknya kita pernah satu sekolah waktu di SMA.

  13. Abdul, lagunya keren bangettttt…..aku slalu menanti album barumu abdul…kapan ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: